Pengertian Komoditas, Tipe & Jenis-Jenisnya

Diposting pada


SUKABUMISHARE.COM -Barang Atau Komoditas Dalam Pengertian Tipe & Jenis-Jenisnya. Komoditas merupkan sebuah produk atau barang yang bisa di perdagangkan. Tujuan dari jual beli komoditas pastinya untuk mendapatkan keuntungan, dalam kamus besar indonesia atau KBBI.

Pengertian komoditas merupakan barang dagangan pokok. Komersial komoditas yang bisa untuk di klasifikasikan kualitas menurut standar Internasional, yang ada di bidangnya mengatakan bahwa konsep komoditas benda berbentuk yang sangat mudah untuk di perdagangkan.

Dan bisa untuk di pindah tangan. Bisa di simpan untuk jangka waktu tertentu, dan juga dapat untuk di tukar dengan produk lain yang sejenisnya, di Indonesia sendiri komoditas merupakan sebagai barang dagangan, bahan niaga ataupun mentah, mutu dari barang komoditas tersebut.

Sesuai standar perdagangan internasional seperti kopi. Beras, gandum, karet, jagung, dan sebagainya, selain itu, produk dari komoditas tidak hanya mencakup kebutuhan untuk sehari-hari, bisa juga seperti produk logam mulia emas, alumunium dan perak.

Sumber energi seperti batu bara maupun gas alam juga termasuk komoditas. perdagangan komoditas juga dapat anda tukar dengan produk atupun barang tapi harus dengan nilai dari kedua barang tersebut harus sepadan.

Baca juga:5 Cara Bisnis Sayuran Online yang Menguntungkan

Tipe Komoditas

Tipe atau klasifikasi komoditas bisa anda lihat dari sifatnya. Komoditas di bagi menjadi dua tipe yakni komoditas keras dan komoditas lunak.

1. Komoditas Keras

Komoditas keras merupakan berbagai varian yang bisa di dapatkan dari hasil-hasil alam. Yaitu bisa melalui aktivitas pertambangan atau ekstraksi, seperti minyak bumi, logam, dan masih banyak lagi yang lainnya, tipe komoditas tersebut sebagian besar akan di dominasi oleh bermacam-macam produk energi, seperti batu bara, gas alam, serta minyak.

2. Komoditas Lunak

Komoditas lunak adalah berbagai macam varian produk yang di dapatkan dari hasil perhutanan. Pertanian dan peternakan, seperti gula, beras, kedelai, garam, karet, susu sapi, jagung, biji kopi, ikan, sawit, daging ayam, kayu jati, harga tipe komoditas lunak sendiri memiliki pergerakan yang fluktuatif.

Jenis Komoditas

Jenis produk komoditas sendiri terbagi menjadi empat yaitu logam, energi, pertanian dan peternakan. Berikut di bawah ini penjelasannya lengkapnya.

1. Jenis Komoditas Logam

Yang pertama. Jenis produk komoditas adalah logam, Komoditas dari jenis logam ini terdiri dari barang maupun produk yang di hasilkan dari kegiatan pertambangan, yang bersifat logam.

Komoditas dari jenis ini juga masih bisa di bedakan menjadi dua jenis yaitu logam berharga dan logam industri. Untuk jenis logam berharga, seperti emas, platinum, perak dan palladium, untuk logam industri adalah produk yang dengan nikel, kobalt, tembaga, aluminium, timah, magnesium, titanium.

2. Jenis Komoditas Energi

Selain logan, jenis komoditas lainnya adalah energy. Komoditas energi juga bisa berupa produk yang di hasilkan dari pertambangan dan berupa eksplorasi, produknya juga bisa di manfaatkan manusia sebagai bahan bakar.

Baca juga:7 Bisnis Kuliner yang Menjanjikan, Modal Kecil Untung Besar

Produk dari komoditas energi ini akan dagangkan di dalam skala internasional. Denagn menggunakan satuan metrik, ton atau barel, contoh dari jenis komoditas energi seperti gas alam, batu bara, diesel, bensin tanpa timbal dan minyak bumi (Brent Crude Oil dan Light Sweet Crude Oil).



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.