6 Langkah Memasuki Dunia Masa Depan Digital

Diposting pada

6 Langkah Memasuki Dunia Masa Depan Digital – Pakar dan ahli strategi keuangan Amerika Alex Kreger percaya bahwa teknologi dan metaverse virtual dan augmented reality mendorong layanan pelanggan ke tingkat yang benar-benar baru di semua bidang kehidupan.

Meskipun akan membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk mengubahnya menjadi bagian integral dari realitas kita sehari-hari, konsumen telah sudah mulai mengadopsi teknologi ini dengan cara yang aktif.

Dia bertanya-tanya : Apakah proyek Anda siap untuk menghadapi tantangan ini, dan bagaimana Anda dapat mempersiapkan dan memanfaatkan sepenuhnya peluang masa depan digital ini ?

Jawabannya ada dalam laporan yang di terbitkan di situs web Amerika terkenal Forbes. Menguraikan langkah-langkah spesifik yang memungkinkan startup Anda mengejar masa depan digital.

Perkembangan teknologi digital
Perkembangan teknologi digital

1. Pengalaman Ekonomi

Langkah pertama, menurut Krieger, adalah mempertimbangkan fakta bahwa sebagian besar, jika tidak semua, industri kini mengalami transformasi digital. Karena layanan digital membentuk kebutuhan dan perilaku konsumen.

Digitalisasi ini telah menciptakan paradigma baru dalam hubungan ekonomi yang di dominasi oleh emosi dan pengalaman, dan dengan demikian “ekonomi pengalaman” telah menjadi penggerak nilai utama di dunia modern kita.

Dalam ekonomi pengalaman, orang tidak hanya membeli dan menjual produk, layanan, atau fitur tetapi juga melihat pengalaman dan emosi di baliknya.

Dalam dunia metafisik, model ini akan menjadi paradigma dan orang akan membayar besar untuk barang tidak berwujud yang memberikan manfaat sosial. makna dan nilai pengalaman.

Di dunia digital dan metaverse berikutnya – tambah Krieger – desain akan menjadi alat utama untuk menciptakan nilai. Tetapi masalahnya adalah bahwa pemahaman tradisional tentang desain membatasi apa yang dapat di lakukan perusahaan mana pun dalam kerangka ini dan tidak membantunya tumbuh.

2. Fokus pada pengalaman pelanggan

Untuk berhasil dalam ekonomi pengalaman, perusahaan harus berpikir di luar penjualan dan memprioritaskan minat, kebutuhan, dan pengalaman pelanggan.

Dengan menciptakan pengalaman pelanggan yang positif, perusahaan dapat memenangkan persaingan dan menghasilkan penjualan bahkan tanpa adanya departemen khusus.

3. Memberikan nilai lanjutan

Pertumbuhan pasar dan munculnya pesaing dapat mengarahkan perusahaan untuk meningkatkan nilai yang mereka berikan di luar negeri. Dengan mencoba memenuhi kebutuhan pelanggan dengan lebih baik melalui relevansi, desain yang menyenangkan.

Menanggapi status sosial, atau bahkan mengadopsi tanggung jawab sosial seperti membantu menyelamatkan planet dari pemanasan global, Misalnya.

Jadi jika sebuah perusahaan ingin sukses di era digital, dan dengan demikian dalam metaverse, penggunaan teknologi canggih saja tidak cukup, melainkan perlu untuk memberikan “nilai lanjutan” dengan melampaui fungsi dasar dan memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik.

4. Memberikan pengalaman melalui desain

Salah satu masalah utama adalah bahwa sebagian besar pengusaha melihat tujuan eksternal desain sebagai menciptakan “amplop” yang menarik untuk produk atau layanan.

Tetapi sebenarnya bukan ini yang menciptakan nilai bagi pelanggan. Semua upaya dalam kerangka kerja ini harus fokus pada penciptaan sebuah “pengalaman pelanggan” dan bukan pada desain Casing memberikan nilai kompetitif.

Dari sudut pandang pelanggan, aplikasi seluler, misalnya, dapat menjadi representasi utama dan satu-satunya perusahaan Anda, sehingga jika yang terakhir penuh dengan kontradiksi, tidak ramah dan ketinggalan zaman, pelanggan akan segera beralih ke pesaing meskipun ada. ribuan karyawan dan perwakilan yang terlibat dalam pengembangan bisnis dan penjualan perusahaan.

5. Mengubah desain menjadi sebuah sistem

Awalnya, desain di gunakan seperti alat lain untuk memecahkan masalah lokal, tetapi seiring dengan matangnya pekerjaan dan berkembang, potensi internal dari pendekatan desain dan perannya dalam memperkuat semua level perusahaan muncul.

Melalui pemikiran desain dan sistem desain yang berpusat pada pengalaman pelanggan/pengguna, dimungkinkan untuk memberikan nilai yang berpusat pada pelanggan dan membangun strategi digital yang sukses yang memastikan fleksibilitas dan kemampuan beradaptasi maksimum terhadap inovasi digital atau bahkan gangguan pasar.

6. Jadilah kreatif untuk berhasil dalam metaverses

Jika Anda memeriksa merek terkemuka seperti Apple, Google, Amazon, dan Tesla, Anda akan melihat bahwa budaya kreativitas dan inovasi berlaku, memberikan keunggulan kompetitif jangka panjang dan memastikan loyalitas pelanggan dan dukungan untuk merek.

Perusahaan-perusahaan besar ini telah mampu memaksimalkan potensi keberhasilan model bisnis mereka dengan mengintegrasikan pendekatan desain ke dalam DNA budaya perusahaan.

Dengan terus-menerus menciptakan “nilai yang berkembang” bagi pelanggan melalui desain, perusahaan dapat mengembangkan strategi yang sukses untuk beradaptasi dengan realitas digital dan metaverse.

Jadi penting untuk memikirkan kembali pendekatan tradisional dan beralih ke model baru yang lebih berpusat pada pelanggan yang menantang industri dan menciptakan peluang dan manfaat baru bagi orang-orang.

Itulah 6 Langkah Memasuki Dunia Masa Depan Digital yang bisa anda lakukan seiring dengan perkembenagannya waktu. Dengan memasuki sebuah era digital yang sangat baik di masa sekarang ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *